Halo !!! Saya Melly, ini adalah blog tentang cara membuat slime dengan mudah dari beberapa bahan!

2 Cara Membuat Slime dengan Lem Kertas (Glukol dan Povinal)

Selain dapat dibuat dari lem plastik seperti lem UHU dan lem FOX, slime nyatanya juga dapat dibuat dengan memanfaatkan lem kertas. Slime yang dibuat dari lem kertas bahkan dianggap memiliki kualitas yang baik. Ia lebih lentur, stratchy, dan tidak lengket, terutama bagi yang tahu trik mensiasati sifat lengket dari lem tersebut.

Cara Membuat Slime dengan Lem Kertas

Untuk cara membuat slime dengan lem kertas sendiri, ada 2 jenis lem yang bisa digunakan. Yang pertama adalah lem cair merk Povinal dan lem jelly merk glukol atau inakol. Pembuatan slime dengan kedua jenis lem kertas ini berbeda. Lem povinal sendiri menjadi bahan pembuatan slime dengan kualitas terbaik.

1. Membuat Slime dengan Lem Kertas Povinal

Yang pertama adalah cara membuat slime dengan lem kertas Povinal. Lem povinal adalah lem cair yang biasanya dijual di toko alat tulis kantor. Harganya relatif murah, sekitar Rp. 6.000 sd Rp. 7.000 per botol.

Untuk membuat slime dengan lem povinal sendiri, kita sebetulnya membutuhkan slime aktivator agar slime yang dihasilkan benar-benar kenyal. Karena borax yang merupakan bahan slime aktivator terbaik sulit ditemukan karena tidak dijual bebas, maka kita harus mensiasatinya dengan bahan penggantinya yaitu obat tetes mata Rohto atau yang merk Insto. Obat ini nyatanya juga mengandung borax yang dapat dimanfaatkan dalam membuat slime dengan lem povinal.


Untuk membuat slime dengan resep ini, siapkan lem povinal, obat tetes mata Insto, sabun cair, pewarna makanan sesuai selera, dan baby oil. Sementara langkah-langkah pembuatannya yaitu:
  1. Pertama masukan lem povinal ke dalam wadah, tambahkan air sedikit dan beberapa tetes pewarna makanan.
  2. Aduk semua bahan tersebut hingga merata lalu tambahkan obat tetes mata hingga adonan agak mengental.
  3. Tambahkan sedikit sabun cair dan aduk kembali hingga merata.
  4. Agar slime tidak lengket, tambahkan pula sedikit baby oil ke dalam adonan.
  5. Diamkan sejenak, dan slime pun siap dimainkan.

2. Membuat Slime dengan Lem Kertas Glukol

Cara membuat slime dengan lem kertas glukol sendiri masih memerlukan lem povinal sebagai salah satu bahannya. Jika dibuat tanpa bantuan lem povinal, slime yang nantinya dihasilkan akan lengket dan masih menyerupai bentuk lem biasa.

Untuk membuat slime ini bahan lengkap yang Anda butuhkan antara lain lem inakol atau lem glukol (boleh dipilih salah satunya saja), lem povinal atau clear glue merk lainnya, pewarna makanan (bila perlu), sabun cair (boleh sabun lifebouy, biore, lux, atau sabun cuci piring merk Sun Light dan Mama Lemon), serta air bersih.

Setelah semua bahan tersebut siap, ikuti langkah-langkah cara membuat slime dengan lem kertas berikut ini:
  1. Masukan lem kertas glukol dan lem povinal ke dalam wadah dengan takaran yang sama. Aduk keduanya hingga rata dan saling menyatu.
  2. Tambahkan sabun cair, boleh sabun body wash tapi saya lebih sarankan gunakan sabun pencuci piring, ke dalam adonan dan aduk lagi sampai merata.
  3. Bila perlu tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan sesuai selera.
  4. Pada tahap ini, cek kekenyalan dari adonan slime. Bila masih lengket tambahkan sabun, dan bila kurang stretchy bisa ditambah air sedikit.
  5. Slime pun siap dimainkan, dan bila hendak disimpan dahulu, simpanlah dalam wadah tertutup.

Nah, itulah beberapa cara membuat slime dengan lem kertas yang bisa saya sampaikan. Di antara kedua resep di atas, saya lebih sering menggunakan resep yang pertama. Slime yang dihasilkan dari resep pertama cenderung minim kegagalan. Ia lebih stratchy, tidak lengket, gempal, dan tidak keras meski sudah lama tidak dimainkan. Semoga bermanfaat!