Halo !!! Saya Melly, ini adalah blog tentang cara membuat slime dengan mudah dari beberapa bahan!

2 Cara Membuat Slime yang Bisa Dimakan dengan Susu

Selama ini, banyak di antara kita yang hanya tahu bahwa slime adalah sekedar cairan lengket untuk mainan anak-anak yang tidak boleh dimakan. Padahal, ternyata ada pula slime yang selain bisa untuk mainan juga bisa dimakan.

Slime yang bisa dimakan tentu dibuat dengan cara dan bahan yang berbeda. Dalam proses dan cara membuat slime yang bisa dimakan, kita tidak menggunakan sedikit pun bahan-bahan berbahaya jika terkonsumsi seperti sabun, lem, maupun borax sebagai aktivatornya. Penasaran apa saja bahan yang digunakan dalam pembuatan slime ini? Seperti apa cara pembuatannya? Ketahui jawabannya dengan menyimak resep di bawah ini!

Cara Membuat Slime yang Bisa Dimakan

Bahan utama pembuatan slime yang bisa dimakan adalah susu. Kita bisa menggunakan 2 jenis susu, baik susu kental manis maupun susu cair. Kedua bahan ini dapat digunakan dan menghasilkan slime dengan kualitas yang sama.

1. Membuat Slime yang Bisa Dimakan dengan Susu Kental Manis

Dibandingkan susu cair, susu kental manis tentu lebih mudah didapat dan lebih murah harganya. Oleh karena itu, kebanyakan orang menggunakan resep ini sebagai salah satu alternatif cara membuat slime yang bisa dimakan untuk anak-anaknya.

Untuk membuat slime ini, diperlukan beberapa bahan yang di antaranya susu kental manis (boleh dari merk Frisian Flag, Indomilk, atau merk apapun) sebanyak 1 kaleng ukuran 414 mL, tepung maizena 1 sendok teh, dan pewarna makanan bila Anda ingin slime yang dihasilkan memiliki warna yang cantik. Dalam hal ini saya sebetulnya lebih menganjurkan agar pewarna makanan tidak ditambahkan terlalu banyak.

Setelah semua bahan siap, selanjutnya langsung bisa Anda praktekan cara membuat slime yang bisa dimakan dari bahan susu kental manis, sebagaimana telah susun berikut ini.

Pertama, tuangkan 1 kaleng susu kental manis dan 1 sendok teh tepung maizena ke dalam panci. Panaskan panci dengan api kecil agar protein susu tidak rusak. Aduk terus adonan supaya tidak menggumpal. Tunggu sampai mendidih sambil terus di aduk.

Setelah mendidih atau cukup panas, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam adonan dan aduk supaya warnanya merata. Jumlah pewarna makanan yang ditambahkan bisa diatur sesuai selera.

Langkah terakhir, angkat panci dan biarkan adonan dingin. Dan bila sudah dingin, slime pun bisa dimainkan atau jika hendak disimpan dulu, simpanlah dalam wadah tertutup dan letakan dalam lemari es. Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat slime yang bisa dimakan menggunakan susu kental manis?


2. Membuat Slime yang Bisa Dimakan dengan Susu Cair

Cara membuat slime yang bisa dimakan menggunakan susu cair sebetulnya tidak berbeda dengan cara pertama. Yang membedakan hanya terletak pada bahan-bahan yang digunakan.

Untuk membuat slime ini, siapkan bahan berupa susu cair (atau susu kental juga bisa tapi dicairkan dulu dengan air), tepung maizena 1,25 sdm, vanili bubuk ½ sdm, dan pewarna makanan secukupnya.

Adapun untuk caranya yaitu panaskan susu cair 1 kotak dalam panci dengan api kecil. Aduk secara perlahan hingga susu terasa agak hangat. Setelah itu, tambahkan vanili bubuk dan tepung maizena ke dalam susu sambil terus di aduk. Jika adonan terlalu kental, tambahkan susu cair, sedangkan jika terlalu encer, tambahkan tepung.

Adonan yang terus diaduk lama-lama akan mengental dan setelah mendidih angkat panci dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin, tambahkan pewarna makanan dan aduk hingga rata. Letakan adonan pada wadah yang tertutup beberapa saat dan slime pun siap dimainkan atau dimakan.

Nah, itulah beberapa cara membuat slime yang bisa dimakan dengan susu sebagai bahan utamanya. Slime yang dihasilkan dari kedua cara di atas aman dimakan jadi Anda tidak perlu khawatir jika ia sampai ditelan oleh buah hati Anda. Kendati begitu, pastikan slime tersebut dalam keadaan bersih supaya tidak terkontaminasi bakteri penyebab diare jika sampai termakan. Semoga bermanfaat!