Halo !!! Saya Melly, ini adalah blog tentang cara membuat slime dengan mudah dari beberapa bahan!

3 Cara Membuat Slime dengan Lem Paling Mudah dan Aman

Salah satu cara membuat slime yang paling populer saat ini adalah cara membuat slime dengan lem. Slime yang dibuat dari bahan lem dinilai memiliki tingkat kelenturan yang tinggi (stratchy), lebih kenyal, dan tahan lama dibanding slime yang dibuat dari bahan lainnya.

Lem yang dapat digunakan untuk membuat slime sendiri ada banyak jenisnya, di antaranya adalah lem povinal, lem UHU, lem FOX, dan lem kertas glukol. Berikut ini kami akan membahas satu persatu cara membuat slime dengan lem-lem tersebut sebagai panduan untuk Anda.

1. Membuat Slime dengan Lem Povinal

Lem povinal adalah salah satu merk lem yang paling banyak digunakan dalam proses pembuatan slime. Selain karena merk lem ini mudah didapat, bentuk dan karakteristiknya yang cair dan bening membuat ia lebih mudah dimodifikasi ketika dibuat slime.

Untuk membuat slime dengan lem povinal, kita butuh bahan-bahan tambahan. Selain 1 bungkus lem povinal, kita perlu GOM atau obat sariawan (bila tidak ada GOM, insto juga bisa digunakan) sebagai slime activator dan pewarna makanan jika ingin slime yang dihasilkan nanti punya warna tertentu.

Setelah semua bahan siap, Anda bisa langsung mempraktekan cara membuat slime dengan lem povinal sebagaimana berikut:
  1. Pertama, siapkan wadah piring atau mangkok plastik dan tuangkan sebungkus lem povinal ke dalamnya.
  2. Lalu tambahkan 3 tetes gom ke dalam wadah sambil mengaduknya secara perlahan.
  3. Aduk terus adonan selama paling tidak 10 menit, dan lem povinal akan mengental. Pada tahap ini, berikan pewarna makanan secukupnya agar slime punya warna yang menarik.
  4. Aduk adonan hingga warna rata dan slime pun jadi. Cukup mudah bukan?

2. Membuat Slime Dengan Lem UHU

Jika membuat slime dengan lem povinal kita butuh GOM sebagai slime activator, pada pembuatan slime dengan lem UHU kita tidak memerlukannya. Karena dalam lem UHU sendiri sudah terdapat borax sehingga teksturnya juga sudah cukup menggumpal.

Untuk membuat slime dengan lem UHU, kita butuh 1 kemasan lem UHU, sabun cuci piring sunlight atau Mama Lemon, serta pewarna makanan. Setelah bahan-bahan tersebut tersedia, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Pertama, tuangkan 1 bungkus lem UHU ke dalam wadah bersama dengan 10 sendok makan sabun cair.
  2. Aduk isi wadah hingga lem dan sabun menyatu dengan rata. Pengadukan selama 5 sd 10 menit akan membuat adonan menggumpal. Pada tahap ini, sebagian sabun cair tidak bisa menyatu, sehingga adonan perlu diperas menggunakan tisu untuk memisahkannya dengan cairan sunlight.
  3. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan pewarna makanan ke dalam adonan. Saya biasanya menambahkan sekitar 5 tetes atau ¼ sendok pewarna. Aduk terus sampai warna adonan jadi rata.
  4. Slime pun jadi dan siap dibentuk sesuka hati.


3. Membuat Slime dengan GOM dan Lem FOX

Tahukan apa itu lem FOX? Lem fox adalah lem yang biasanya digunakan untuk menyambung kertas atau bahan lainnya. Biasanya lem ini dijual di toko bangunan.

Sama seperti lem povinal dan lem UHU, lem fox juga dapat menjadi salah satu bahan alternatif pembuatan slime. Bahkan menurut pengalaman saya, slime yang dibuat dari lem FOX biasanya cenderung lebih awet meski dibiarkan lama.

Untuk cara membuat slime dengan lem fox sendiri dibutuhkan beberapa bahan, yaitu 1 botol lem FOX, 1 botol GOM, dan pewarna makanan. Setelah bahan siap, langkah selanjutnya dapat diikuti tahapan berikut:
  1. Pertama, masukan 3 sd 4 sendok makan lem FOX ke dalam wadah. Lalu tambahkan 1 sendok air dan aduk keduanya sampai bercampur rata.
  2. Setelah lem FOX encer, tambahkan 4 tetes GOM ke dalam adonan sebagai slime activatornya. Kembali aduk adonan hingga GOM rata.
  3. Dengan bercampurnya GOM ke dalam adonan, tekstur adonan akan berubah menjadi kental kembali dan tidak lengket. Di tahap ini, Anda bisa tambahkan pewarna makanan supaya slimenya lebih menarik. Jumlah pewarna makanan yang ditambahkan bisa disesuaikan dengan selera.

Nah, itulah 3 cara membuat slime dengan lem yang bisa saya sampaikan. Di antara ketiga cara di atas, saya lebih menyukai slime yang dibuat dari lem povinal, terutama bila Anda ingin slime yang bening alias tidak butek. Semoga bermanfaat!