Halo !!! Saya Melly, ini adalah blog tentang cara membuat slime dengan mudah dari beberapa bahan!

3 Cara Membuat Slime Dengan Sabun yang Paling Gampang

Halo semuanya! Tahukah kamu, kalau slime ternyata bisa dibuat dari sabun? Yupz. Selain bisa dibuat dari lem, tepung, dan susu, slime ternyata juga bisa dibuat dengan memanfaatkan sabun sebagai bahan utamanya. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat slime dengan sabun, simak pembahasan yang bakal saya sampaikan berikut ini ya!

Cara Membuat Slime Dengan Sabun

Slime memang bisa dibuat dari sabun. Tapi banyak orang yang menganggap kalau sabun yang bisa digunakan untuk membuat slime hanyalah sabun pencuci piring saja. Padahal selain sabun cuci piring, sabun mandi bahkan deterjen cair juga bisa dibuat slime lho!

Nah, di artikel ini saya akan membahas tentang 3 cara membuat slime dari sabun berdasarkan jenis-jenis sabunnya tersebut khusus untuk kamu yang ingin mempelajarinya.

1. Membuat Slime Dengan Sabun Cuci Piring

Yang pertama adalah cara membuat slime dengan sabun pencuci piring. Ada banyak merk sabun cuci piring, tapi yang bisa kita gunakan adalah sabun yang berwujud cair, misalnya merk sunlight atau mama lemon.

Untuk membuat slime dengan cara ini, siapkan beberapa bahan, yaitu sabun cuci piring sunlight, lem UHU, dan pewarna makanan bila perlu. Siapkan juga mangkuk dan pengaduk sebagai alatnya. Jika sudah, silakan lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Pertama, masukan 1 bungkus lem UHU cair ke dalam mangkuk dan tambahkan pewarna makanan 2 tetes saja ke dalamnya. Aduk hingga warnanya merata.
  2. Setelah itu, tambahkan sekitar 3 sendok makan sabun cuci piring ke dalam adonan. Kamu boleh gunakan sabun mama lemon atau sunlight, atau merk lainnya asalkan sabunnya berwujud cair.
  3. Coba tekan adonan, bila kurang kenyal, tambahkan lagi lem ke dalamnya.
  4. Terakhir, rendam adonan dalam air selama 3 menit untuk menghilangkan sisa sabun yang menempel. Slime yang cantik dan bening pun siap dimainkan.

2. Membuat Slime Dengan Sabun Mandi

Jangan salah! Sabun mandi yang dimaksud disini adalah sabun mandi cair (body wash) bukan sabun batangan. Kamu bisa gunakan sabun cair apapun merknya, boleh Lifebuoy, Lux atau apapun yang penting cair. Selain itu, siapkan juga shampoo kental (saya sarankan pakai Dove atau Pantene), dan pewarna makanan sesuai selera.

Baru kemudian kamu ikuti langkah-langkah dan cara membuat slime dengan sabun mandi sebagaimana berikut:
  1. Pertama, masukan shampoo dan sabun ke dalam wadah mangkuk dengan perbandingan 2:1. Artinya, kalau menggunakan 2 sendok shampoo, kamu harus tambahkan 1 sendok sabun.
  2. Setelah itu, aduk keduanya sampai rata dan tambahkan sekitar 5 tetes obat sariawan (GOM) atau obat tetes mata Insto sebagai slime activator.
  3. Aduk terus sampai adonan mulai menggumpal.
  4. Jika ingin berwarna, tambahkan pewarna makanan sekitar 2 tetes ke dalam adonan. Aduk lagi sampai warnanya rata.
  5. Terakhir, simpan adonan selama 10 menit dalam freezer dan slime pun siap dimainkan.
  6. Catatan, slime yang dibuat dengan cara ini kurang tahan lama terlebih bila dibiarkan di udara terbuka.


3. Membuat Slime dengan Deterjen

Dan yang terakhir kita akan menggunakan deterjen sebagai bahan pembuatan slime. Tapi perlu diingat deterjen yang kita gunakan adalah deterjen cair ya!

Untuk membuatnya, kita perlu siapkan beberapa alat dan bahan, di antaranya : mangkuk dan pengaduk, lem UHU, deterjen, pewarna makanan, dan air. Setelah alat dan bahan siap, selanjutnya ikuti langkah-langkah dalam cara membuat slime dengan sabun deterjen berikut ini:
  1. Pertama, masukan lem UHU sebanyak 1 bungkus ke dalam mangkuk. Setelah itu, tambahkan 2 tetes pewarna makanan sesuai selera kamu. Aduk adonan dengan ujung sendok sampai warna tercampur rata.
  2. Kemudian, tambahkan deterjen cair sedikit demi sedikit ke dalam mangkuk sambil terus mengaduknya. Jumlah deterjen yang ditambahkan adalah sekitar 4 sendok makan saja.
  3. Setelah teraduk rata, adonan akan mulai menggumpal. Aduk terus sampai gumpalannya benar-benar sempurna dan tidak lengket di mangkuk dan biarkan selama 3 menit.
  4. Setelah itu, rendam adonan ke dalam air selama 3 menit untuk membersihkan cairan deterjen yang masih menempel.
  5. Bila sudah, angkat adonan dan slime yang cantik dan lentur siap dimainkan.

Nah, itulah beberapa cara membuat slime dengan sabun yang mudah dan sederhana. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat!