Halo !!! Saya Melly, ini adalah blog tentang cara membuat slime dengan mudah dari beberapa bahan!

3 Cara Membuat Slime dengan Tepung (No. 3 Bisa Dimakan)

Banyak di antara kita yang mungkin hanya tahu kalau slime cuma dapat dibuat dari lem saja. Padahal jika tidak ada lem, nyatanya kita juga dapat menggunakan tepung sebagai bahan baku utama ketika hendak membuat slime. Meski kualitas slime yang dihasilkan tidak sebaik jika dibuat dari lem, slime dari tepung memiliki beberapa keunggulan, salah satunya lebih aman jika sampai tertelan oleh anak-anak dan cara pembuatannya juga relatif lebih mudah. Nah, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat slime dengan tepung dan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, silakan simak pembahasan kami berikut untuk mulai mempraktekannya!

Cara Membuat Slime dengan Tepung

Ada 3 jenis tepung yang bisa digunakan untuk membuat slime, yaitu tepung terigu (tepung gandum), tepung tapioka (tepung singkong), dan tepung maizena (tepung jagung). Ketiga tepung tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda. Oleh karena itu, cara membuat slime dengan tepung-tepung tersebut juga berbeda.

1. Membuat Slime dengan Tepung Terigu

Yang pertama tepung terigu. Tepung terigu atau tepung gandum relatif lebih mudah didapat dan biasanya pasti ada di dapur kita. untuk membuat slime dari bahan ini, kita butuh beberapa alat dan bahan pendukung lain, di antaranya: sabun sunlight atau mama lemon, pewarna makanan, wadah plastik, dan pengaduk.

Setelah semua bahan tersebut siap, selanjutnya kita bisa langsung mempraktikan cara membuat slime dengan tepung terigu sebagaimana berikut:
  1. Pertama takar sabun pencuci piring sebanyak 3 sendok dan tuangkan ke dalam wadah.
  2. Lalu, tuangkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam sabun sebagai warna dasar slime yang nanti diinginkan. Untuk jumlah pewarna makanan ini tidak ada aturannya, sesuaikan saja dengan selera Anda.
  3. Setelah itu, tuang sedikit demi sedikit tepung terigu ke dalam wadah sambil terus diaduk. Jumlah tepung yang ditambahkan untuk takaran ini adalah sekitar 3 sendok makan juga. Jadi sekitar 1 : 1 dengan jumlah sabun sunlightnya.
  4. Aduk adonan terus menerus hingga rata dan mulai menggumpal.
  5. Slime pun terbentuk dan siap dimainkan. Untuk catatan, slime yang dibuat dari tepung terigu biasanya memiliki tingkat kekenyalan yang lebih baik. Teksturnya bahkan hampir sama dengan tekstur plastisin.

2. Membuat Slime dengan Tepung Tapioka

Jika tepung terigu tidak ada, Anda juga bisa membuat slime dari bahan tepung tapioka. Kendati begitu, cara membuat slime dengan tepung tapioka sendiri cenderung lebih rumit, terlebih jika kita ingin slimenya nanti kenyal dan tidak lengket.

Bahan untuk membuatnya antara lain 5 sendok tepung tapioka, 3 sendok sabun sunlight, minyak goreng, pewarna makanan, dan air. Sementara untuk cara pembuatannya tapioka harus terlebih dulu dibuat menjadi lem dengan cara merebusnya dakan air. Setelah menjadi lem, barulah kemudian dicampur dengan sabun sunlight dan minyak goreng agar tidak lengket.

Bila ingin slimenya berwarna, pewarna makanan bisa ditambahkan ke dalam sabun sebelum ia dicampurkan ke dalam lem tepung tapioka. Jika masih terasa lengket, Anda bisa menambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit.


3. Membuat Slime dengan Tepung Maizena

Cara terakhir ini sebetulnya telah kami bahas pada artikel sebelumnya : cara membuat slime yang bisa dimakan. Hanya saja, rasanya kurang afdol bila tidak dibahas juga pada artikel ini.

Ya, membuat slime juga dapat dilakukan menggunakan tepung maizena. Berbeda dengan 2 resep sebelumnya, resep ini dikhususkan untuk Anda yang ingin membuat slime yang bisa dimakan.

Bahan yang dibutuhkan dalam resep ini antara lain susu cair, tepung maizena, vanili bubuk, dan pewarna makanan. Sementara untuk cara membuat slime dengan tepung ini dimulai dengan memasak susu cair dalam panci hingga sedikit panas. Setelah itu, tambahkan bubuk vanili dan tepung maizena ke dalam susu. Aduk hingga rata, setelah mendidih dinginkan adonan dan slime pun siap dimainkan atau dimakan.

Demikianlah beberapa cara membuat slime dengan tepung yang bisa saya sampaikan. Cukup mudah bukan? Silakan bereksperimen sesuka hati dan temukan resep slime terbaik Anda. Semoga bermanfaat!