Halo !!! Saya Melly, ini adalah blog tentang cara membuat slime dengan mudah dari beberapa bahan!

2 Cara Membuat Slime dengan GOM yang Mudah dan Sederhana

Untuk membuat slime yang kenyal dan stratchy, mau tidak mau kita memang membutuhkan slime activator sebagai salah satu bahan pembuatan slime. Slime activator sendiri ada khusus yang menjualnya, namun bagi kita yang tinggal di pedesaan, akan sulit untuk bisa menemukannya. Untuk mengatasi hal ini, ada alternatif yang bisa kita gunakan sebagai pengganti slime activator. Salah satunya adalah GOM. Apakah GOM itu? Apa fungsinya bagi tekstur slime? Bagaimana cara membuat slime dengan GOM? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan simak pembahasan kami berikut ini!

Cara Membuat Slime dengan GOM

GOM adalah merk dari sebuah obat sariawan. GOM digunakan untuk meredakan radang yang ada di mulut kita dengan cara meneteskannya pada bagian yang sakit. Kandungan Borax yang terdapat dalam GOM memiliki fungsi sebagai pengering luka pada daerah yang basah. Selain itu, fungsi borax dalam GOM ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengenyalkan adonan slime.

GOM sendiri bisa dibeli di apotek-apotek terdekat. Harganya berkisar antara Rp. 5.000 sd Rp. 8.000. Cukup murah dibanding fungsinya yang bisa membuat slime stratchy dan kenyal.

Ada beberapa cara membuat slime dengan GOM yang bisa kita lakukan. Kita bisa memadukannya dengan lem povinol, lem UHU, atau lem FOX.

1. Membuat Slime dengan GOM dan Lem Povinal

Yang pertama adalah cara membuat slime dengan GOM dan lem Povinal. Sesuai namanya, untuk membuat slime dengan cara ini kita butuh bahan-bahan, di antaranya lem Povinal 1 botol, GOM 1 botol, dan pewarna makanan. Sementara alatnya cukup 1 buah wadah pastik dan pengaduk sendok plastik.

Setelah alat dan bahan siap, langsung kita praktikan langkah-langkahnya.
  1. Pertama, tuangkan lem povinal semuanya ke dalam wadah.
  2. Berikan 3 tetes GOM ke dalam lem sambil terus mengaduknya.
  3. Tidak sampai 10 menit, lem akan mengental. Setelah itu berikan pewarna makanan secukupnya atau sesuai selera Anda ke dalam adonan.
  4. Aduk terus hingga warnanya menjadi rata.
  5. Slime yang kenyal dan stratchy (tidak gampang putus) akhirnya tercipta. Silakan bermian dan berkreasi dengan slime sesuka hati.


2. Membuat Slime dengan GOM dan Lem FOX

Jika Anda tidak memiliki lem povinal, Anda tetap bisa membuat slime dengan menggunakan lem FOX PVAC. Lem ini adalah lem kayu yang dijual di toko bangunan. Harganya memang lebih mahal dibanding lem povinal, namun berdasarkan pengalaman saya, slime yang dihasilkan dari lem ini cenderung lebih awet dan tetap stratchy meski dibiarkan lama.

Untuk membuat slime dengan resep ini, siapkan beberapa bahan yaitu lem FOX PVAC 1 botol, GOM 1 botol, dan pewarna makanan jika perlu. Setelah semua bahan siap, kerjakan langkah-langkah cara membuat slime dengan GOM berikut ini:
  1. Pertama masukan 3 sendok lem FOX ke dalam wadah, lalu tambahkan 1 sendok air ke dalamnya. Aduk keduanya hingga bercampur rata.
  2. Setelah itu, tambahkan GOM 4 tetes ke dalam adonan, aduk hingga GOM rata.
  3. Pada tahap ini, adonan biasanya sudah mulai mengental. Anda bisa menambahkan pewarna ke dalamnya jika ingin slime berwarna. Aduk rata dan terakhir ulen adonan dengan tangan sampai cukup padat.
  4. Slime yang cantik pun siap.

Nah, itulah 2 cara membuat slime dengan GOM yang cukup mudah untuk dipraktikan. Jika ingin slime berwarna clear dan bening, jangan tambahkan pewarna ke dalam adonan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat!