Halo !!! Saya Melly, ini adalah blog tentang cara membuat slime dengan mudah dari beberapa bahan!

Cara Membuat Slime dengan Shampoo dan Mama Lemon

Membuat slime memang dapat dilakukan dengan memanfaatkan beragam jenis bahan. Selain bisa dibuat dari lem, tepung, atau susu cair, slime juga bisa dibuat dari perpaduan shampoo dan mama lemon. Slime yang dibuat dari bahan shampoo dan mama lemon, menurut saya memiliki karakteristik yang baik. Ia lebih stratchy atau tidak mudah putus, lebih kenyal, dan lebih tahan lama. Kendati demikian, slime dengan karakteristik tersebut tidak bisa dibuat secara sembarangan. Takaran dan adonan setiap bahan yang digunakan harus sesuai resep dan cara pembuatan yang tepat. Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara membuat slime dengan shampoo dan mama lemon secara tepat, silakan simak pembahasan kami berikut!

Cara Membuat Slime dengan Shampoo dan Mama Lemon

Cara membuat slime dengan shampoo dan mama lemon sebetulnya cukup mudah. Bahan-bahan yang diperlukan juga tidak terlalu rumit dan sulit untuk didapat. Oleh karena itu, cara ini adalah cara favorit saya di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat slime dengan shampoo dan mama lemon tentunya adalah :
  1. Shampoo (boleh merk apa saja, tapi saya lebih merekomendasikan Anda menggunakan shampoo konsentrate yang kental seperti kondisioner, misalnya dari merk Dove atau Pantene)
  2. Mama Lemon (tidak melulu harus dari merk ini, Anda juga bisa menggantinya dengan sunlight atau merk sabun pencuci piring lainnya).
  3. Slime activator bisa berupa GOM (obat sariawan) atau borax yang telah diencerkan.

Setelah semua bahan tersebut tersedia, siapkan pula alat-alat yang dibutuhkan, yaitu wadah plastik, dan pengaduk. Kemudian, Anda bisa langsung menerapkan langkah-langkah dalam cara membuat slime dengan shampoo dan mama lemon  sebagaimana berikut:

Pertama, campurkan shampoo dan mama lemon ke dalam wadah dengan perbandingan 3 : 2, maksudnya, jika shampoo yang dimasukan 3 sendok, maka mama lemonnya harus 2 sendok. Aduk campuran ini hingga rata dengan cepat.

Setelah tercampur sempurna, Anda bisa menambahkan slime activator baik berupa GOM, borax yang sudah dicairkan, atau slime activator kemasan. Jumlah slime activator yang ditambahkan tergantung keinginan Anda. Jika ingin slimenya agak keras dan kenyal, tambahkan lebih banyak. Aduk terus hingga slime activator merata ke semua adonan.

Slime pun telah jadi dan siap untuk dimainkann.

Cukup mudah bukan cara membuat slime dengan shampoo dan mama lemon ini?


Tips Membuat Slime dengan Shampoo dan Mama Lemon 

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat slime yang dihasilkan lebih cantik. Saya biasanya melakukan tips ini agar anak lebih senang dengan slime yang saya buat.

Pertama, jika slime yang dihasilkan ingin berwarna, Anda bisa menambahkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam adonan slime. Pewarna ditambahkan bersamaan dengan pengadukan antara shampoo dan mama lemon.

Kedua, jika tidak ada slime activator dan Anda memaksa untuk membuat slime dengan cara ini, maka nantinya slime yang dihasilkan akan lembek dan berair sehingga tidak akan bisa dimainkan. Untuk itu, hal ini perlu disiasati. Jika memang GOM dan borax tidak ada, Anda bisa menambahkan obat tetes mata Insto atau Rohto ke dalam adonan. Kedua obat tetes mata tersebut memiliki fungsi sama sebagai slime activator karena di dalamnya juga mengandung borax.

Ketiga, jika tidak dimainkan, slime yang mengandung terlalu banyak slime activator biasanya akan mengeras terlebih bila dibiarkan di udara terbuka. Oleh karena itu, agar ia awet, setelah tidak dimainkan usahakan agar slime tersimpan dalam wadah tertutup. Bila perlu simpan ia di dalam freezer atau lemari es.

Nah, itulah tips dan cara membuat slime dengan shampoo dan mama lemon yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa dipahami dengan baik dan Anda bisa menghasilkan slime terbaik setelah mempraktikan cara ini. Salam!